Pentingnya Tinjauan Perihal Moratorium Kebun Plasma Sawit di Papua
Pentingnya Tinjauan Perihal Moratorium Kebun Plasma Sawit di Papua

Oleh Irvan 05 Des 2017, 16:40:10 WIB Ekonomi
Pentingnya Tinjauan Perihal Moratorium Kebun Plasma Sawit di Papua

Keterangan Gambar : foto: ist


satunusantaranews – Merauke. Perlu dilaksanakan kajian mendalam mengenai moratorium kebun plasma sawit agar tidak merugikan masyarakat adat di Papua. Dengan adanya rumor deforestasi yang dibuat oleh NGO asing di Papua, investor swasta terganggu untuk membangun beberapa kebun plasma sawit guna menyejahterakan masyarakat adat Papua.

Tim Kerja DPD yang didampingi Plt Kepala Pusat Kajian Daerah (Puskada) Irdam Imran datang ke lapangan untuk mengetahui lebih jauh permasalahan terkait isu deforestasi yang dituduhkan oleh NGO Intenasional terhadap swasta yang berinvestasi di Merauke Papua, pada hari Selasa (5/12/2017).

Dari dialog dengan masyarakat setempat, aspirasi masyarakat adat Merauke dan Boven Digoel mengharapkan 1 warga dapat 1.000 sd 10.000 ha untuk ditanam kebun plasma sawit.

Perwakilan pemilik adat, Mudiak Agam meneruskan; "Masukan dari masyarakat adat dan investor ini akan diolah oleh Puskada sebagai support sistem untuk disampaikan kepada Pimpinan DPD dan Komite II DPD yang membidangi pembangunan infrastruktur dan sumber daya ekonomi lainnya, termasuk pembangunan pertanian dan perkebunan".

Kunjungan kerja ini dalam rangka verifikasi atas tuduhan terhadap swasta yang melakukan deforestasi, dan juga tindak lanjut dari kajian Puskada terhadap aspirasi masyarakat adat daerah Papua mengenai moratorium kebun plasma sawit di Papua. (ray/md:foto ist)




+ Tulis Komentar

Tuliskan Komentar Anda [ Facebook ]

+ Lihat Semua Komentar

Tuliskan Komentar Anda